Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mulawarman kembali menggelar kegiatan akademik inspiratif melalui Webinar Mengenal dan Memahami Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 02 Agustus 2025 via Zoom Meeting dan diikuti oleh dosen serta mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mulawarman.

Pada pertemuan ini, peserta mendapatkan pemaparan materi bertajuk “Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua”, yang disampaikan oleh Dr. Al Badrotus Tsaniyah, M.Pd dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur. Narasumber menyampaikan bahwa pembelajaran mendalam (deep learning) merupakan pendekatan yang menekankan pada pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan. Melalui pendekatan ini, peserta didik tidak hanya dituntut memahami konsep, tetapi juga mampu menerapkannya secara kontekstual serta merefleksikan pengalaman belajarnya untuk pengembangan diri.
Dalam pemaparannya, narasumber juga menggarisbawahi urgensi pembelajaran mendalam di Indonesia berdasarkan hasil survei PISA 2022 yang menunjukkan mayoritas peserta didik masih berada pada level berpikir rendah (LOTS). Oleh karena itu, transformasi praktik pedagogis guru mutlak diperlukan, termasuk penguatan dimensi profil pelajar Pancasila melalui pendekatan olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga secara holistik.
Webinar ini tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga membekali peserta dengan kerangka kerja pembelajaran mendalam, termasuk praktik pedagogis, kemitraan pembelajaran, pemanfaatan teknologi digital, dan pengembangan lingkungan belajar yang kondusif. Mahasiswa juga diajak untuk menganalisis contoh strategi pembelajaran seperti pembelajaran berbasis proyek, berbasis inkuiri, dan pembelajaran kolaboratif.

Sesi ini juga dilengkapi dengan diskusi studi kasus, di mana peserta menganalisis contoh modul ajar berbasis pembelajaran mendalam. Suasana diskusi berlangsung aktif, dengan berbagai pertanyaan kritis dan refleksi dari mahasiswa terkait implementasi konsep ini dalam pembelajaran kimia.
Menutup sesi, peserta diberi tugas untuk menyusun modul ajar berbasis pembelajaran mendalam, yang akan direview bersama pada pertemuan berikutnya. Kegiatan ini diharapkan mampu memantik kesadaran mahasiswa calon guru untuk menjadi pengembang budaya belajar, bukan sekadar penyampai materi. Dilanjutkan dengan Penyerahan sertifikat Narasumber kepada Dr. Al Badrotus Tsaniyah, M.Pd. oleh Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP UNMUL, Dr. Pintakan Kusumaningtyas, M.Si.

link Youtube : https://youtu.be/TGKwBi_78bA?si=BgUYZp5u7vwuUuDT